Clicks vs Visits di dalam Google Adwords dan Google Analytics

Saat menjalankan campaign PPC di Google Adwords, mungkin kita akan mengerenyitkan dahi ketika menjumpai jumlah total click di Adwords yang tidak (persis) sama dengan total visit di Google Analytics (Traffic Source: Adwords)

Bagaimana mungkin, misalnya, total jumlah click di Adwords ada 7.000 tetapi di Google Analytics tercatat hanya 6.579?

Misinterpretasi ini sering terjadi, saya akan coba jelaskan bagaimana clicks dan visits bisa menghasilkan angka yang berbeda.

Jumlah click di dalam Google Adwords mengindikasikan berapa user melakukan klik terhadap iklan kita.

Visits di dalam Google Analytics merupakan jumlah kunjungan user ke dalam website dalam kurun waktu (session) tertentu. By default, session di dalam Google Analytics adalah 30 menit.

Contoh kasus:

  • User search di Google untuk keyword tertentu, dia menemukan iklan kita. User tersebut melakukan klik (terjadi 1 click), masuk ke dalam website (terjadi 1 visit).
    Kemudian user kembali melakukan search dengan keyword yang berbeda, lagi-lagi menemukan iklan kita, dia klik lagi iklan tersebut (terjadi 2 click) dan masuk kembali ke dalam website tetapi dalam 1 session yang sama (dibawah 30 menit) maka Google Analytics mencatat 1 visit. Ya, 1 visit untuk 2 clicks yang terjadi.
  • Dalam kasus yang lain, user melakukan googling suatu keywords, menemukan dan klik iklan kita lalu masuk ke dalam website kita. User menganggap website kita menarik, dia melakukan bookmark di browser. Karena si user harus meeting marathon, dia tutup browser, lalu makan siang, kemudian kembali ke meja dan membuka kembali website kita dari bookmark. Tentu waktu yang dihabiskan oleh si user lalu kembali lagi membuka website kita lebih dari 30 menit. Saat membuka kembali website kita maka Google Analytics mencatat sebagai 2 visits. 2 visits dari 1 click Adwords.
  • Si user pada kasus diatas bisa saja melakukan browsing di suatu website yang kebetulan memasang Google Adsense atau si website masuk dalam Google Display Network, dan iklan kita muncul di website tersebut lalu user tersebut melakukan klik atas iklan kita maka jumlah klik akan bertambah meski visit tidak bertambah.

Visits tentu berbeda dengan Visitor.

Visits adalah kunjungan yang dilakukan user dalam kurun waktu tertentu, sedangkan visitor adalah orang yang melakukan kunjungan tersebut.

Jika satu orang visitor melakukan beberapa kali kunjungan tetapi dilakukan dalam satu session maka akan dianggap 1 visits. Jika dia melewati session tersebut, meskipun tidak menutup browser, maka jumlah kunjungan akan bertambah.

Dalam kurun waktu (tanggal) tertentu, kunjungan dari 1 unique visitor akan menambahkan data visitors dan visits,  jika dikemudian hari user tersebut melakukan kunjungan kembali maka Google Analytics mencatat kunjungan yang dilakukan tetapi dilakukan oleh visitor yang sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *